KONSEP BANGUNAN SEKOLAH BERGAYA TROPIS
INFORMASI

Type Bangunan : Sekolah
Konsep Bangunan : Bangunan Tropis
Lokasi : Mojokerto, Jawa Timur
Ukuran Tanah : 15 x 30 m
Ukuran bangunan : 432 m2 (2 lantai)
Client/Owner : SDN Brangkal 2

Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan



NARASI :
Untuk perancangan kali ini tidak banyak yang bisa disampaikan, karena tidak banyak pilihan yang diberikan selain merenovasi bangunan sekolah dasar dari 1 lantai menjadi 2 lantai. Ini adalah proyek sosial alias non profit demi turut memajukan pendidikan kita.


Pada saat itu direncanakan renovasi dengan budget maksimal 250 juta yang ditujukan untuk merubah gedung seluas 218 m2 menjadi gedung 2 lantai sehingga luasnya menjadi 432 m2, ditambah dengan pekerjaan merenovasi kamar mandi sekolah.

Agar selaras dengan bentuk fasade bangunan lantai 1, serta bangunan-bangunan lain di kompleks sekolah ini, ditambah lagi dengan asumsi budget yang terbatas, tentunya kami tidak banyak pilihan untuk bisa berkreasi. Akan tetapi poin yang tetap tidak boleh ditinggalkan bagi kami adalah, bagaimana supaya penataan ruang bangunan sekolah tersebut sesuai dengan standar arsitektur dan aman bagi pemakainya, sehingga bisa mendukung proses pendidikan yang berlangsung.

Tentu hal yang perlu ditekankan adalah menjamin faktor keamanan bagi murid-murid yang kebetulan ruangan kelasnya berada di lantai 2. Untuk itu maka direncanakan pembuatan pagar tembok yang cukup kuat, bila perlu ditambah dengan railing sehingga kemungkinan seorang anak untuk jatuh dari lantai 2 bisa diminimalisir. Taman dibuat didepan bangunan, sehingga lingkungan sekolah tetap tampak asri.







Artikel

Side Ad

Side Ad
material bahan bangunan

Pintu Pagar Otomatis

Mesin Pintu Otomatis

Popular Posts

Tentang Kami

Blog ini merupakan kumpulan berbagai tips tentang desain bangunan rumah maupun segala hal yang berhubungan dengan rumah, artikel tersebut kami kumpulkan dari berbagai sumber di internet, ada sebagian yang kami cantumkan sumbernya dan mohon maaf bila ada juga yang luput kami cantumkan sumbernya, semoga info ini bermanfaat bagi kita semua..